11/20/2013

Feature : Kedamaian Pura Besakih

Sejauh mata memandang di tempat ini terlihat hamparan luas kaki Gunung Agung yang begitu elok. Keberadaan fisik Pura Besakih, tidak sekedar menjadi tempat pemujaan terhadap Tuhan YME, tetapi juga merupakan Pura terbesar di Pulau Bali. 
Tentu saja seketika saya mempunyai kesempatan untuk mengunjungi Pura Besakih dan melihat pemandangan dari atas Pura Besakih menarik perhatian saya untuk mengabadikan pemandangan alam yang nampak. Perjalanan yang cukup memakan waktu lama dari tempat tinggal saya di daerah Klungkung menuju Pura Besakih tidak mengurangi niat saya untuk beribadah di Pura ini. Untuk mencapai puncak Pura Besakih bagaikan mendaki gunung yang begitu melelahkan. Tak disangka ketika saya mencapai puncak Pura Besakih, tepatnya di Pura Penataran Agung rasa lelah itu seakan sirna dari benak saya. Pemandangan yang begitu mengagumkan, udara yang begitu sejuk dan suasana yang begitu damai telah mengobati rasa lelah ini.
Tidak hanya melihat kedamaian yang ada, saya pun harus merasakan kedamaian di tempat  ini dengan melaksanakan kewajiban saya sebagai umat Hindu untuk bersembahyang menghadap Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Dengan penuh kekhusukan saya bersama umat Hindu lainnya melaksanakan persembahyangan bersama.
 Pura Besakih mempunyai banyak cerita yang begitu menarik dan perjalanan saya yang begitu berkesan seketika sampai di tempat ini. Sampai jumpa Pura Besakih, terimakasih atas kedamaian yang Kau berikan.

No comments:

Post a Comment