9/05/2019

Rasa Karasa Pinrang

Mendengar kata Karasa, apa yang ada dipikiran pembaca?

Ini pengalaman saya circa Oktober 2017 saat kunjungan kerja ke daerah di Sulawesi Selatan tepatnya di Kabupaten Pinrang. Masyrakat di sana menerima baik kedatangan saya dan rekan kerja saya. Kami diberi kesempatan untuk mengunjungi tempat pembuatan cemilan khas Pinrang, Karasa.

Tepung beras dijemur (Dok. Pribadi)
Informasi yang saya dapat, Karasa merupakan kue utama yang disajikan oleh warga Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang untuk para tamu yang datang. Kue ini sudah ada dari puluhan tahun lalu, cicra tahun 80. Bahan dari kue Karasa ini cukup sederhana yaitu dari tepung beras dan gula merah. Tidak heran saat kita mencobanya rasanya begitu manis namun sangat cocok untuk temang kopi atau teh. Warga setempat cukup baik memanfaatkan hasil pertaniannya, salah satunya dengan membuat cemilan dari tepung beras.  Berikut saya bagikan dokumentasi pembuatan Karasa:


Mengolah tepung beras dengan gula merah (Dok. pribadi)

Cara menggoreng adonan (Dok. Pribadi)




No comments:

Post a Comment