5/08/2012

MONUMEN PUPUTAN KLUNGKUNG


Monumen Puputan Klungkung

 

Tugu atau bangunan yang tingginya kura lebih 28 meter ini menjulang tinggi ditengah - tengah kota Semarapura, Klungkung. Bangunan yang berbentuk Lingga-Yoni ini diresmikan tanggal 28 April 1992 oleh Bapak Menteri Dalam Negeri, dengan nama Monumen Puputan Klungkung.



Seluruh bangunan monumen terbuat dari batu hitam, selaras dengan filsafat Hindu yaitu puputan atau perang habis-habisan yang dilakukan oleh rakyat terbaik di Kerajaan Klungkung.


Saya dan adik saya saat berkunjung ke Monumen Puputan Klungkung

Lokasi bangunan ini sangat mudah dicapai dengan baik, karena berada ditengah-tengah kota Semarapura serta sangat strategis, berdekatan dengan Kertagosa, pusat pertokoan dan pasar tradisional. Monumen ini merupakan tugu peringatan peristiwa bersejarah pada tanggal 28 April 1908 dan pada areal Monumen  telah terjadi perang puputan atau perang habis-habisan. Sehingga, tujuan dibangunnya Monumen ini adalah untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah membela Kerajaan Klungkung dari Belanda.

 Oke teman-teman, ini saya rekomendasikan bagi teman-teman yang berkunjung ke Pulau Dewata, Kabupaten Klungkung khususnya..Jangan lupa mampir ke Monumen Puputan Klungkung. Istilahnya kalu temen-temen berkunjung ke Klungkung tapi tidak berkunjung ke Monumen ini bagai sayur tanpa garam. Jangan ngaku-ngaku pernah ke Klungkung kalau belum pernah meninggalkan jejak kaki ke Monumen Puputan Klungkung ini.. ^.^

 

No comments:

Post a Comment